Surat GUGAT CERAI

Contoh Surat GUGAT CERAI


Perihal : Isbat Nikah                                                  Meureudu, 05 September 2012

Kepada Yth,
Bapak Ketua Mahkamah Syar`iyah Meureudu
Di –
            Meureudu

Assalamu`alaikum Wr. Wb

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                           :  aa
Tempat/Tgl. Lahir       :  Deah Pangwa, 01 Juli 1970
Agama                         :  Islam
Pendidikan                  :  SMP
Pekerjaan                     :  Sopir
Tempat Tinggal           : Gampong Deah Pangwa Kec. Trienggadeng Kab. Pidie Jaya, sebagai “PEMOHON I”

Nama                           :  aa
Tempat/Tgl. Lahir       :  Pangwa, 01 Juli 1972
Agama                         :  Islam
Pendidikan                  :  SMP
Pekerjaan                     :  Mengurus Rumah Tangga
Tempat Tinggal           : Gampong Deah Pangwa Kec. Trienggadeng Kab. Pidie Jaya sebagai “PEMOHON II”

Kami bermaksud mengajukan permohonan Penetapan Pengesahan Nikah Pemohon I dengan Pemohon II dengan alasan sebagai berikut :

1.       Bahwa, pada tanggal 26 September 1987 Pemohon I dan Pemohon II telah melangsungkan pernikahan menurut agama Islam di Kantor KUA Trienggadeng Pemohon II di Desa Deah Pangwa Kecamatan Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya, yang dinikahkan oleh Almarhum Tgk. M. Diah Kepala KUA Trienggadeng dengan wali nikah ayah Pemohon II (Zainal Abidin) yang disaksikan oleh M. Yusuf (Tuha Peut Gampong) dan H. M. Amin Puteh (Keuchik Gampong) dengan mahar 10 (sepuluh) Mayam Emas.
2.      Bahwa, antara Pemohon I dan Pemohon II tidak ada pertalian nasap, pertalian kerabat dan pertalian sesusuan serta memenuhi syarat dan tidak ada larangan untuk melangsungkan pernikahan, baik menurut ketentuan hukum Islam maupun peraturan perundang-undangan yang berlaku.
3.      Bahwa, dalam pernikahan Pemohon I dengan Pemohon II hidup rukum dan damai sebagaimana layaknya suami istri dan telah dikarunia 4 (empat) orang anak masing-masing : 1. Nofrizal (umur/Lahir : 22 Tahun), 2. Rahmaniar (umur/Lahir : 20 Tahun), 3. Suri Hayati (umur/Lahir: 18 Tahun), 4. Rizal Zulfikri (umur/Lahir : 13 Tahun).
4.      Bahwa, selama pernikahan tersebut tidak ada pihak ketiga yang menggangu gugat pernikahan para Pemohon tersebut dan selama itu pula para Pemohon tetap beragama Islam.
5.      Bahwa sampai sekarang para Pemohon tidak mempunyai Kutipan akta Nikah, karena pernikahan para Pemohon tidak terdaftar di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Trienggadeng dengan alasan ketika itu kami kelalaian (tidak menyerahkan pas photo), sementara saat ini para Pemohon membutuhkan Akta Nikah tersebut untuk kepastian hukum ketetapan sahnya pernikahan kami dan untuk kepentingan hukum lainnya yaitu untuk keperluan pembuatan akta kelahiran anak.
6.      Berdasarkan hal-hal tersebut diatas, Pemohon memohon agar Ketua C/q. Majelis Hakim yang mengadili perkara ini berkenan kiranya untuk :

PRIMER :

1.      Mengabulkan permohonan para Pemohon.
2.      Menetapkan sah Nikah Pemohon I a dan Pemohon II  a yang terjadi pada tanggal 26 September 2007 di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Trienggadeng Kabupaten Pidie.

SUBSIDER :

1.      Jika Majelis Hakim berpendapat lain, mohon putusan yang seadil-adilnya.

Demikianlah permohonan ini kami sampaikan terima kasih.

wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Pemohon I                                                          Pemohon II

Rizal                                                                   Susi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar